Rumah Belajar vs Ruang Guru

Rumah Belajar vs Ruang Guru - Hallo sahabat INFO GURU, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rumah Belajar vs Ruang Guru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ruang Guru, Artikel rumah belajar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rumah Belajar vs Ruang Guru
link : Rumah Belajar vs Ruang Guru

Baca juga


Rumah Belajar vs Ruang Guru


Rumah Belajar
Rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisi lebih dari 12.934 jenis materi belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar. Protal ini dapat kamu gunakan sebagai bahan belajar alternatif di dalam ataudi luar jam sekolah.

Kelebihan Ruang belajar
  • Gratis

Aplikasi ini disediakan secara gratis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk masyarakat luas. Tidak ada biaya khusus untuk bisa membuka akses berbagai materi yang ada di Rumahbelajar.

  • Mempunyai Delapan Kelompok Konten

  1. Sumber Belajar, konten ini berisi berbagai materi pelajaran.
  2. Buku Sekolah Eketronik yang berisi perbukuan sekolah yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat diunduh.
  3. Bank Soal yang berisi berbagai soal latihan, ulangan dan juga ujian dari berbagai tingkat pendidikan dan mata pelajaran
  4. Laboratorium Maya, sebuah fitur yang bisa kamu jadikan percobaan layaknya di laboratorium.
  5. Peta Budaya berisi tentang konten-konten yang terkait dengan budaya Indonesia lengkap dengan peta dan penjelasannya.
  6. Wahana Jelajah Angkasa ini berisi berbagai hal tentang luar angkasa.
  7. Pengembangan Keprofesian berkelanjutan adalah konten yang terkait dengan pelatihan-pelatihan
  8. Kelas Maya berisi berbagai kelas-kelas maya per mata pelajaran yang dapat diikuti selama 1 jam/minggu.

  • Mempunyai Fitur Pendukung

  1. Karya Guru berisi tentang materi pelajaran dari guru-guru seluruh Indonesia
  2. Karya Komunikasi berisi berbagai materi dari beberapa komunitas secara khusus di luar materi yang telah disediakan.
  3. Karya Bahasa yang berisi kumpulan berbagai karya bahasa dan sastra.
  4. Bentuk Materi Beragam
  5. Rumahbelajar ini tidak hanya muncul dengan format teks, namun juga tersedia dengan format gambar, animasi, video dan juga simulasi. Tersedia juga buku digital yang bisa kamu download


  • Pilihan Sumber belajar Lain.

Kamu juga bisa kok mengakses informasi lain dari sumber belajar lain.beberapa diantaranya adalah TV Edukasi, Suara Edukasi, Radio Edukasi, KBBI, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Perpustakaan Dikbud dan juga lainnya.

  • Kekurangan Rumah Belajar

  1. Belum tersedianya semua materi
  2. Pilihan buku digital yang bisa diunduh masih terbatas
  3. Untuk konten Bank Soal kadang sulit saat akan menuliskan soal sebagai percobaan.
  4. Di Laboratorium Maya masih sangat terbatas jumlah percobaan yang bisa digunakan
  5. Dalam Peta Budaya juga belum memasukkan semua budaya di setiap provinsi Indonesia.
  6. Websitenya terasa agak berat untuk diakses walaupun internet dalam keadaan stabil.


Ruang Guru
Ruangguru ini adalah aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2014 yang lalu. Tujuan adanya Ruangguru ini adalah untuk menargetkan murid, para guru, orang tua, pemerintah, juga institusi pendidikan dalam memberikan sistem tata kelola pembelajaran. Kamu bisa belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan karena semua materi pembelajaran dapat dilakukan melalui gadget.

  • Kelebihan Ruangguru

Ruangguru Mempunyai 5 Produk Unggulan 

  1. Ruangguru digital boot camp, yaitu fitur yang berisi tentang belajar bersama grup online se-Indonesia.
  2. Ruangles yaitu sebuah program yang digunakan untuk memanggil guru les privat ke rumah.
  3. Ruangles online , program ini dirancang untuk kamu bisa melakukan chat onlien dengan guru les kamu di Ruangguru
  4. Ruanguji, suatu program belajar yang berisi ratusan latihan soal
  5. Ruangguru Mempunyai Tutor yang Selalu Standby

Kelebihan yang dimiliki Ruangguru adalah mempunyai tutor atau guru yang selalu standby untuk tempat kamu bertanya. Jadi jika kamu mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin kamu tanyakan, kamu bisa dengan mudah bertanya kapan saja dan dimana saja karena semua dilakukan secara online.

  • Mempunyai Fitur yang Lebih Menyenangkan

Jika kamu sering merasakan bosan atau jenuh saat belajar dalam waktu yang agak lama, maka di Ruangguru ini kamu akan diberikan tampilan yang menyenangkan dan colour full sehingga membuat mata selalu segar dengan tampilan yang ada. Dengan tampilan yang menyenangkan ini, kamu akan merasa betah dan tidak capat bosan saat mendapatkan materi.

  • Kekurangan Ruangguru

Harga Lebih Mahal

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Ruangguru memang membuat harga berlangganan Ruangguru ini menjadi mahal. Namun harga ini memang sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. Ruangguru menyediakan solusi belajar yang mudah dalam pemahaman materi.

Ukuran Aplikasi Besar

Ruangguru memang menyediakan berbagai fitur menarik dan juga dengan tampilan yang dibuat warna warni disertai animasi yang lucu. Namun memang semua itu menyebabkan aplikasi ini mempunyai memori yang besar untuk kamu simpan.

Dari kedua aplikasi tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung tingkat kebutuhan yang kamu inginkan. Begitu pula pilihan gratis dan berbayar juga bisa dijadikan pertimbangan untuk mengakses ilmu yang ada didalamnya dan keterbatasan yang ada pada aplikasi. Pada dasarnya aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan mendapatkan akses belajar secara online.



Demikianlah Artikel Rumah Belajar vs Ruang Guru

Sekianlah artikel Rumah Belajar vs Ruang Guru kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rumah Belajar vs Ruang Guru dengan alamat link http://www.infoguru.id/2019/10/rumah-belajar-vs-ruang-guru.html

About The Writer

My Studio

Studio Advertising Entertainment.

Related Posts

Video Pembelajaran