Materi Pedagogik PLPG
Ringkasan Materi Pedagogik PLPG 2017

By Masri 30 Jul 2017, 22:16:53 WIB PLPG
Materi Pedagogik PLPG

Keterangan Gambar : PLPG 2017


Download Ringkasan Materi Pedagogik Siap PLPG 2016 ~ Salah satu Materi yang akan diujikan dalam PLPG 2016 adalah Materi Pedagogik. Materi pedagogik PLPG 2016 yang telah dikembangkan oleh Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktorat Jenderal Guru dengan LPTK secara garis besar berisi tentang :
1. Bab. Pendahuluan
2. Bab. Karakteristik Siswa
3. Bab.Teori Belajar
4. Bab. Kurikulum 2013
5. Bab. Desain Pembelajaran
6. Bab. Media Pembelajaran
7. Bab. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
8. Bab. Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
9. Bab. Refleksi Pembelajaran dan PTK
 
Berikut Kumpulan Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016 Untuk Jenjang TK/SD/SMP/SMA/SMK Semua Bidang Studi 
 
1. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Pendahuluan
Tujuan penyusunan bahan ajar Kompetensi pedagogik adalah untuk membantu guru calon peserta PLPG mendapatkan sumber belajar untuk menambah wawasan para guru tentang :
 
  • Kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran
  • Karakteristik siswa dan teori-teori belajar
  • Pengelolaan kegiatan pembelajaran agar lebih profesional dibidangnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  • Bagaimana melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan agar dapat memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan. 
Untuk mendownloadnya klik link dibawah ini

 

2. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Karateristik Siswa

 
Kegiatan Belajar 1: KARAKTERISTIK SISWA
 
A. Tujuan
Modul ini disusun untuk menjadi bahan belajar bagi guru terkait materi karakteristik siswa dalam program Guru Pembelajar. Tujuan belajar yang akan dicapai adalah memahami tahap-tahap perkembangan siswa sehingga dapat menyediakan materi pelajaran dan metode penyampaian yang sesuai dengan karakteristik siswa sesuai dengan tahap perkembangannya
 
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kompetensi Inti
Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, kultural, emosional, dan
intelektual
 
 
2. Kompetensi Guru Mata Pelajaran
a. Memahami karateristik siswa yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya sesuai dengan tahap perkembangannya
 
A. Tujuan
Setelah membaca sumber belajar ini diharapkan Guru mempunyai wawasan tentang desain pembelajaran. Diantaranya mengetahui pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Problem-based Learning, pembelajaran Project-based Learning, Inquiry, Discovery Learning, serta menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD
 
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah membaca sumber belajar ini diharapkan Guru dapat:
1. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik
2. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Problem-based Learning
3. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Project-based Learning
4. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Inquiry
5. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Discovery Learning
6. Menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD
 
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
 
 
 
6. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Media Pembelajaran
 
 
 
Kegiatan Belajar 5 : MEDIA PEMBELAJARAN
 
A. Tujuan
Tujuan belajar yang ingin dicapai adalah peserta dapat:
1. Menyebutkan perbedaan media pembelajaran dengan media pada umumnya,
2. menyebutkan macam-macam media pembelajaran beserta contohnya baik menurut bentuk maupun fungsinya,
3. menyebutkan perbedaan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.
 
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, peserta pelatihan akan dapat:
1. Membedakan media dan media pembelajaran
2. Membedakan macam-macam media pembelajaran
3. Membedakan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.
 
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini 
 
 
 
7. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
 
 
 
Kegiatan Belajar 6: PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
A. Tujuan
Tujuan belajar yang ingin dicapai adalah peserta dapat:
1. Menjelaskan landasan hukum penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013
 
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, peserta pelatihan akan dapat:
1. Menjelaskan landasan hukum penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013
 
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
 
 
 
8. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
 
 
 
Kegiatan Belajar 7: PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
 
A. Tujuan
Tujuan belajar yang ingin dicapai adalah peserta dapat:
1. menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran
2. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
3. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual dan sosial
4. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
 
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, peserta pelatihan akan dapat:
1. Menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran
2. menjelaskan jenis dan bentuk penilaian
3. menjelaskan pengertian tes dan nontes
4. membedakan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes
5. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
6. menjelaskan ketuntasan belajar dalam pembelajaran
7. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual dan sosial
8. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
 
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
 
 
9. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Refleksi Pembelajaran dan PTK
 
Kegiatan Belajar 8 : REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
A. Tujuan
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta memiliki pemahaman dan
keterampilan dasar mengenai:
1. Konsep kegiatan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3. Pengertian, karakteristik, dan prinsip-prinsip PTK.
4. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.
 
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan konsep dan definisi kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2. Menjelaskan teknik-teknik refleksi dalam pembelajaran
3. Melakukan reflektsi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4. Menjelaskan pengertian penelitian tindakan kelas
5. Menjelaskan karakteristik penelitian tindakan kelas
6. Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas
 
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


Online Support (Chat)

Masri


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Tidak Ada Poling saat ini?
  Buat Poling
  Ok Deh

Komentar Terakhir

  • Lukmanul Hakim

    saya yakin PHP juga bisa bertahan sampai 2030 ...

    View Article
  • Eka Praja W

    makin parah aja nih ... mudah2n bisa berbenah negeri ku yg q banggakan ...

    View Article
  • Rizal Faizal

    asyik aja dehh... ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video